Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
Exit Jangan lupa klik Like/Suka ya Sob :D biar update terus.. widget by : widget

Minggu, 04 Desember 2011

Pimpinan LTQ LPM STID M. Natsir Menghadiri Silaturrahim Tim Nasional Peningkatan Mutu TPA Se-Indonesia

Minggu, 04 Desember 2011


Hari Ahad 18 Shafar 1432 H/ 23 Januari 2011 Tim Nasional Peningkatan Mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an Indonesia menggelar silaturrahim yang diselenggarakan di gedung Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa di Sleman Jogjakarta. Tim tersebut diasuh oleh seorang pakar dalam bidang Qira’at yakni Dr. H. Ahsin Sakho Muhammad, MA (Rektor IIQ Jakarta) yang namanya telah akrab terutama dikalangan para aktifis TPA/TKA dan Lembaga Tahsin Al-Qur’an dari berbagai propinsi. Drs. H.M. Mangun Budiyanto, M.Si dan Drs. H. Musthafa Kamal sebagai aktifis yang turut menggagas lahirnya Metode Iqra’ yang dilahirkan oleh Allah yarham H. As’ad Humam juga hadir dalam acara tersebut, termasuk H. Ahmad Annuri, MA dan Ujang Habibi, S.Sos.I yang hadir mewakili LTQ LPM STID Mohammad Natsir disamping ratusan peserta lainnya.

Tim Nasional Peningkatan Mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an Indonesia ini memiliki 5 (lima) program utama yaitu:
1.   Membina dan meningkatkan mutu ustazd-ustadzah TPA/TKA melalui pelatihan, pendidikan dan penataran
2.   Mengembangkan kurikulum dan penerbitan buku-buku
3.   Mengembangkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan
4.   Membina dan mengembangkan kelembagaan
5.   Membina dan mengembangkan jaringan
Dalam pertemuan sehari itu, secara khusus diadakan Workshop Membangun Peradaban Zakat Untuk Pemberdayaan Aktifis TKA-TPA  dengan membahas program yang ketiga yakni  mengembangkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan. Oleh karena itu panitia menghadirkan beberapa lembaga zakat yang dianggap telah berhasil memberdayakan ekonomi ummat melalui dana zakat, seperti: Dompet Dhu’afa Republika, BAZDA (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sukabumi dan Lumbung Zakat Indonesia Kabupaten Sleman Jogjakarta.
Para pemateri memberikan motifasi dan contoh-contoh berbagai gerakan penggalangan dana zakat yang nilainya sunggug dapat meningkatkan kesejahteraan ummat baik dalam segi ekonomi, pendidikan bahkan keagamaan dapat semakin baik dengan Gerakan Membangun Peradaban Zakat yang kemudian puncaknya akan menjadi Gerakan Zakat Membangun Peradaban.
Berangkat dari keprihatinan atas menurunnya kwantitas dan kwalitas TPA/TKA di Indonesia maka Tim Nasional Peningkatan Mutu TPA Indonesia ini membulatkan tekat untuk:
1.   Menggerakkan aktifis/ustadz-ustadzah TPA/TKA untuk menjadi pelopor kesadaran zakat di Indonesia
2.   Meningkatkan kemandirian TPA/TKA melalui pemberdayaan dana zakat
3.   Melaksanakan konsolidasi Nasional untuk menumbuhkan kembali kepedulian ummat atas bergulirnya TPA/TKA di seluruh Indonesia sebagai factor penting bagi terbentuknya peradaban masyarakat dan bangsa yang Qur’ani.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

NIce post, salam kenal om

Outbound Malang mengatakan...

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu ..:)

Posting Komentar

Close
-->